Ide Menu Takjil Ramadan ala Ibu Etu, Penulis Buku Go Kitchen

Puding Bulbul Resep Ibu Etu

Lagi cari inspirasi menu untuk takjil berbuka puasa? Ini ada resep praktis dari Restu Utami Dewi, yang akrab dipanggil dengan Ibu Etu. Penulis buku resep masakan Go Kitchen yang menjadi buku best seller nasional ini, berbagi resep puding Bulbul dan singkong mevvah. Dua resep ini berasa manis dan segar.

Nama bulbul diambil dari nama Sunda. Biasa bulbul dikenal sebagai koktail buah. Tenang koktail kalau di Indonesia tanpa alkohol. Dan resep puding bulbul ini gabungan aneka buah dengan puding.

Dari fotonya saja sudah mengundang selera menyantapnya. Resep ini terbuat dari bahan puding dan buah pepaya, labu, dan nanas.

Apa yang membedakan dari resep puding bubul ini dengan resep koktail yang lain? Yuk, kita tengok bahan-bahan dan cara membuatnya.

 

Resep Puding Bulbul

Bulbul (Cocktail)

Bahan A

1 buah pepaya mengkal ukuran sedang

1 buah labu siam

1 buah nanas

1 sdt kapur sirih

 

Bahan B

1 kg gula pasir

3 liter air

3 lembar daun pandan, sobek-sobek

2 sdt citrun

1 sdt garam

 

Cara Membuat

  1. Siapkan panci, masukkan Bahan B kecuali citrun dan garam, masak hingga gula larut dan matang, kecilkan api.
  2. Kupas pepaya mengkal dan labu siam, lalu potong-potong sesuai selera. Masukkan ke dalam air yang sudah dicampur dengan kapur sirih hingga buah-buahan terendam. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  3. Buang air kapur sirih, cuci bersih hingga bau kapur sirih hilang. Siram dengan air panas mendidih sebanyak 2 kali, sisihkan.
  4. Kupas nanas, lalu potong berbentuk dadu. Didihkan air, rebus nanas sebentar saja, lalu tiriskan.
  5. Masukkan pepaya, labu siam, dan nanas yang sudah diproses tadi ke dalam panci berisi air gula, lalu masak selama kurang lebih 30 menit dengan api sedang hingga buah-buahan matang. Masukkan garam dan citrun, aduk kembali hingga rata.
  6. Diamkan hingga dingin, sisihkan.

 

Puding

Bahan:

1 bungkus agar-agar bubuk

150 gram susu kental manis

50 gram gula pasir

850 ml air matang

 

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan menjadi satu ke dalam panci, masak hingga matang dengan api sedang. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang.
  2. Masukkan ke dalam cup puding ¼ bagian atau cetak ke dalam loyang kotak ukuran 18 cm.
  3. Tunggu dingin, masukkan ke dalam kulkas hingga mengeras.

go kitchen 2Resep Puding Bulbul di atas bisa disajikan untuk 10 cup.

Selain resep Bulbul, resep untuk hidangan takjil yang wajib dicoba lainnya adalah Singkong Mevvah. Bahan tradisional ini ternyata bisa disajikan menjadi menu istimewa dan terasa mewah, lho. Resep lengkapnya ada di buku terbaru Restu Utami Dewi, Go Kitchen 2. Dijamin sakiceuuuup cara bikinnya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *