Kabar Gembira untuk Generasi Micin

tomat

Siapa yang tidak kenal Micin/Vetsin/MSG? Micin buatan pabrik dengan mudah bisa ditandai dari fisiknya yang seperti butiran putih halus. Dan sudah bukan rahasia bahwa penggunaan micin dalam takaran berlebihan bisa berefek negatif bagi kesehatan.

MSG mengandung zat bernama Glutamat dan dalam penggunaan berlebihan bisa berpengaruh pada reseptor syaraf yang berpengaruh bagi otak. Efek jangka panjang yang ditimbulkan bisa menyebabkan kerusakan jaringan syaraf otak, diabetes melitus, sakit kepala, obesitas, dan kerusakan ginjal. Demikian dilansir oleh Kumparan.com

Cita rasa masakan yang umami atau gurih di lidah biasanya dikenali dengan menambahkan MSG. Bahkan rasa gurih ini, tidak sedikit yang menggantikan fungsi garam dengan MSG. Seperti kita tahu MSG sudah lama hadir di dapur-dapur sebagai bumbu penambah rasa sedap yang wajib mendampingi menu-menu masakan rumahan.

Kabar baik bagi kita yg sudah dengan ketagihan dengan bumbu penyedap tersebut karena sebenarnya ada micin yang relatif aman bagi kesehatan. Micin yang dimaksud adalah MSG alami. Menurut Inge Tumiwa, penulis buku seri Eating Clean, MSG alami ini tidak saja terasa nikmat, namun memberi manfaat bagi pencernaan. MSG alami bisa dijumpai dalam tomat, ikan, jamur, kecap ikan, rumput laut, bawang putih, dan sebagainya.

Rasa gurih dan nikmat sebenarnya bisa dijumpai dalam MSG alami. Inge Tumiwa melanjutkan, pada prinsipnya dasar pola makan Eating Clean adalah makanan sehat terbaik adalah bahan pangan alami yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh dan mental kita, termasuk MSG alami.

Rasa gurih dan sedap yang setara dengan MSG buatan dapat dijumpai dalam ikan. Sementara saat memasak sering kali orang tetap menambahkan MSG buatan. Sebenarnya ini tidak perlu. Jelas Inge.

Menurut Inge Tumiwa, pengetahuan seputar micin dan penyedap rasa alami dan buatan perlu disebarluaskan ke masyarakat. Penggunaan MSG alami dari bahan-bahan seperti, ikan, rumput laut, dan sebagainya.

Saran penting penggunaan MSG alami dalam memasak adalah bagian dari kampanye pola konsumsi makanan sehat ala Eating Clean. Caranya dengan memasak di rumah dari bahan pangan alami.

masak sehat itu mudahInformasi soal MSG alami ini dari buku terbaru Makan Sehat itu Mudah karya Inge Tumiwa. Buku ini berisi 101 resep masakan rumah sederhana, yang dilengkapi tips memilih bahan pangan alami yang bersih dan sehat. Buku kelimanya ini juga berisi pandangan dan kritik Inge tentang pola konsumsi orang modern yang cenderung salah dan jauh dari sisi kesehatan. Dalam buku ini ia ingin menyampaikan bahwa makan sehat bisa membuat orang lebih bahagia.

 

 

 

 

 

Foto: Vince Lee on Unsplash

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *