Ingin Cepat Hamil? Ini Triknya!

bumil-header

Setiap pasangan yang telah menikah, pasti ingin dikaruniai momongan. Keinginan ini pun beragam. Ada yang ingin cepat, dan juga ada yang lebih memilih menunda kehamilan. Namun, dari sekian banyak keinginan tersebut, memiliki momongan lebih cepatlah yang paling sering diinginkan oleh tiap pasangan.

bumil-header

Setiap pasangan yang telah menikah, pasti ingin dikaruniai momongan. Keinginan ini pun beragam. Ada yang ingin cepat, dan juga ada yang lebih memilih menunda kehamilan. Namun, dari sekian banyak keinginan tersebut, memiliki momongan lebih cepatlah yang paling sering diinginkan oleh tiap pasangan.

Ada beberapa cara agar cepat memiliki momongan atau cepat hamil. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan.

Mengetahui masa subur
Mengetahui masa subur adalah hal yang paling penting dilakukan dalam merencanakan kehamilan. Masa subur adalah masa ketika sel telur dilepaskan dari indung telur, atau disebut dengan ovulasi. Untuk menghitung masa subur, perempuan harus memiliki siklus haid yang teratur. Siklus haid adalah jarak hari dari hari pertama haid suatu bulan ke bulan berikutnya. Siklus normal biasanya terjadi selama 25 – 35 hari, dengan rata-rata 28 – 30 hari. Masa subur dihitung dari 14 hari sebelum hari pertama haid siklus berikutnya.

Sebagai contoh, jika perempuan memiliki siklus 30 hari dan hari pertama haidnya 1 April 2013, maka perkiraan haid berikutnya adalah 1 Mei 2013, dan masa subur perempuan tersebut adalah 14 hari sebelum tanggal 1 April 2013, yaitu tanggal 16 April 2013.

Makanan yang harus dikonsumsi
Makanan yang dikonsumsi sehari-hari tentu juga dapat menentukan kesuburan. Vitamin-vitamin yang selama ini dipercaya sebagai penyubur antara lain adalah asam folat dan juga vitamin E. Tidak hanya itu, kebutuhan lain seperti kalsium, zat besi, mangan, zinc, omega-3, selenium, vitamin B12, dan vitamin C juga turut membantu penyuburan seseorang.

Vitamin dan zat tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi sayur, buah, daging, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Misalnya untuk mendapatkan zinc, konsumsilah gandum, jagung, telur, ayam, dan kerang. Lalu untuk mendapatkan mangan, konsumsilah bayam, wortel, brokoli, dan pisang dengan cukup.

Atur pola hidup
Mengatur pola hidup sebenarnya tidak sulit, apalagi jika memiliki niat untuk hamil. Aturlah pola hidup dengan cara menghentikan konsumsi alkohol. Karena alkohol yang berlebihan pada pria dapat mengganggu kesuburan dan pada wanita dapat membahayakan calon janin. Rokok pun juga wajib dihentikan, karena disinyalir dapat menurunkan tingkat kesuburan pada pria dan wanita.

Beberapa pekerjaan ternyata juga dapat memengaruhi kesuburan. Misalnya jam kerja yang panjang/melelahkan dan pekerjaan yang berhubungan dengan radiasi, panas, atau pestisida tertentu. Pekerjaan seperti ini harus menjadi bahan pertimbangan pasangan suami istri yang sedang melakukan program kehamilan.

 

bumilMasih banyak lagi hal yang harus diperhatikan pasangan suami istri agar cepat hamil. Untuk tanya jawab seputar kehamilan dan persalinan lainnya dijawab dengan jelas oleh dr. Dian Indah Purnama, SpOG dalam buku 100+ Hal Penting yang Wajib Diketahui Bumil. Di buku ini juga diulas kultwit-kultwit tentang kehamilan yang pernah disampaikan dr. Dian dalam akun twitternya, @dr_dip.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kawan Pustaka | Penerbit Buku

buku Im worthy di gramedia