Lost and Found: Berdamai dengan Duka, Saling Menguatkan,dan Praktik Self-Healing yang Dibutuhkan Saat Ini

menerima kehilangan

Sejak pandemi turut meratakan kesedihan hampir di seluruh sudut planet Bumi, berbagai sisi kehidupan manusia terdampak berat, termasuk sisi kesehatan mental. Self-healing atau terapi diri dari sisi kesehatan mental/jiwa menjadi penting dan dibutuhkan. Istilah ini menyangkut erat penyembuhan luka batin di masa lalu, salah satunya untuk orang-orang yang berduka dan merasa kehilangan. 

Memang harus diakui dan disadari, bukan hal yang mudah untuk move on ketika seseorang mengalami duka mendalam karena ditinggalkan orang-orang tercinta. Butuh waktu lama dan perlu terapi diri baik fisik dan mental (psikis) secara rutin. 

Maka mengumpulkan orang-orang yang pernah mengalami kedukaan dengan cara jujur dan berbagi menjadi salah satu upaya untuk meringankan beban duka tersebut.

Saat keluarga atau sahabat mengalami mental down yang dibutuhkan adalah dukungan empati dengan cara menemani dan mendengarkan keluh kesah dan kesedihan mereka. Tentu butuh kesiapan diri saat seseorang tergerak melakukan hal ini. Karena aktivitas ini menguras energi mental yang mendengarkan juga.  

 

BACA JUGA: Ketika Duka Hadir Tak Terduga

 

Pengalaman terkait hal kedukaan ini dituliskan dalam buku berjudul Lost and Found oleh Nirasha Darusman. Dari pengalaman duka mendalam yang dialami Nirasha terkait  kehilangan empat orang anggota keluarga untuk selamanya. Pengalaman kehilangan ini menjadi bagian dari hidup Nirasha secara berturut-turut dalam rentang waktu tujuh tahun. Tentu saja tidak pernah terbayangkan akan hadir dalam kehidupannya.

Buku yang diluncurkan pada akhir Januari 2022 lalu, telah diliput 28 media online. Berikut beberapa tautan dari  liputan media online yang bisa Anda baca, sebagai rujukan ketika ingin berdamai dengan kehilangan dan kedukaan yang mendalam.

Teknik Self-care dan Self-healing yang Menenangkan Untuk Para Caregivers

Belajar Mengarungi Duka di Balik Buku Pertama Nirasha Darusman

Berdamai dengan Kesedihan Belajar dari Perjalanan Nirasha Darusman

Nirasha Darusman Rilis Buku Lost and Found 

 

Seperti pesan Nirasha, buku Lost and Found akan menemani siapa pun yang sedang berjuang mengarungi duka. Buku bergenre self-healing yang diterbitkan oleh Kawan Pustaka ini sudah dibisa diperoleh di toko buku Gramedia dan toko buku online kesayangan Anda. 

 

 

 

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kawan Pustaka | Penerbit Buku

po sleep healing

About Me Sebuah Panduan Mengenal Diri Sendiri Tanpa Henti