Yuk, Turunkan Kolesterol dengan Minuman Sehat Ini!

minuman-1

minuman-1Anda sudah mencoba resep mengolah daging kambing dan daging sapi ini? Kedua resep tersebut memang lezat untuk disantap di hari raya Idul Adha nanti. Namun, Anda juga harus memperhatikan porsi dan jumlah hidangan daging merah tersebut. Jika terlalu banyak, bisa memicu peningkatan kolesterol dalam tubuh.

minuman-1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Anda sudah mencoba resep mengolah daging kambing dan daging sapi ini? Kedua resep tersebut memang lezat untuk disantap di hari raya Idul Adha nanti. Namun, Anda juga harus memperhatikan porsi dan jumlah hidangan daging merah tersebut. Jika terlalu banyak, bisa memicu peningkatan kolesterol dalam tubuh.

Ada dua jenis kolesterol, yaitu low density lipoprotein (LDL) dan high density lipoprotein (HDL). Kolesterol jenis LDL dianggap berbahaya, karena memiliki sifat pengental dalam pembuluh darah. Jika pengentalan darah terjadi di pembuluh darah koroner, maka aliran darah ke jantung akan tersumbat. Hal ini dapat menimbulkan risiko serangan jantung.

Kadar kolesterol darah yang normal berkisar antara 150-250 mg persen. Sedangkan nilai kolesterol darah yang ideal adalah 200 mg persen. Kolesterol tinggi biasanya terjadi pada orang dewasa, namun seiring dengan perkembangan makanan yang kurang memperhatikan gizi, remaja usia muda pun dapat terkena kolesterol tinggi. Lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol?

Selain menjaga makanan dan memperhatikan gizi, detoksifikasi alami dengan buah juga dapat membantu Anda menurunkan kolesterol. Ada beberapa buah yang dapat Anda konsumsi baik dengan cara di-jus atau dibuat detox water. Berikut resepnya:

Bahan:
1 genggam anggur hijau atau merah
1 buah lemon, potong melintang
5-10 lembar daun mint, robek-robek agar keluar sarinya
1 liter air putih dingin

Cara membuat:
1. Taruh anggur, jeruk, dan daun mint di dalam botol/jar
2. Aduk perlahan menggunakan sendok kayu agar jeruk tidak hancur
3. Tuangkan air putih, tutup rapat botol/jar
4. Simpan dalam lemari es selama satu malam

Buah anggur memiliki zat antioksidan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, anggur juga bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada dinding arteri. Dalam detox water tersebut, terdapat buah lemon. Buah ini juga bisa membantu menurunkan kolesterol karena mengandung limonoids (zat yang menyebabkan rasa pahit pada lemon).

Selain detox water anggur dan lemon, Anda juga bisa mencoba resep jus alpukat dan bayam seperti berikut,

minuman-2

 

Bahan:
200 ml air dingin
2 genggam daun bayam
2 buah apel, cuci bersih, buang bagian tengahnya, potong
Β½ buah alpukat, kerok daging buahnya
1 sdm air lemon

Cara membuat:
1. Haluskan daun bayam, air lemon, dan air dingin dengan blender
2. Tambahkan apel dan alpukat, haluskan kembali
3. Tuang ke dalam gelas/jar. Siap dinikmati.

Resep detox juice ini dapat menurunkan kolesterol karena mengandung bayam dan alpukat. Bayam mengandung lutein, yang dapat menjaga kesehatan dan ketajaman mata. Zat ini juga dapat menjaga jantung karena bisa mencegah lemak yang menempel di pembuluh darah. baik untuk menurunkan kolesterol jahat. Sedangkan alpukat dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

Berminat mencoba kedua resepnya?


 

Beragam minuman sehat seperti smoothie, detox water dan detox juice memang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Ketiga buku terbitan Kawan Pustaka ini dapat Anda gunakan sebagai referensi resep yang menyehatkan.Tidak hanya aneka resep, Anda juga mendapatkan berbagai tips dan manfaat buah yang digunakan. Yuk, mulai hidup sehat!

detok-woterDetok-Juice

40-resep-jus-buah-populer

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *