Memahami Permainan Melodi dan Improvisasi

Orang sering menganggap improvisasi sama dengan melodi, padahal kedua hal tersebut berbeda. Melodi adalah notasi tanpa syair (instrumental) dengan iringan rhythm dan putaran akor. Improvisasi adalah memainkan notasi keluar dari melodi lagu aslinya, tetapi masih tetap dalam rhythm dan putaran akor yang sama.

Improvisasi biasanya dimainkan di dalam interlude maupun keseluruhan lagu, atau di antara putaran lagu pertama dan putaran lagu kedua, serta dimainkan secara tunggal (solit) dengan alat musik: piano, gitar, biola, keyboard, atau saxophone.

Untuk dapat bermain melodi dan improvisasi, seorang gitaris harus mengetahui notasi-notasi yang dimainkan pada fret (papan nada gitar). Notasi-notasi dalam permainan melodi dapat diambil dari struktur formula notasi akor atau disebut “wilayah nada”. Dan untuk dapat menghasikan permainan melodi yang baik dan terdengar harmonis, teknik bermain gitar harus dilengkapi dengan beberapa teknik lainnya, seperti teknik glissando, arpeggio, phrasering, crown, dan vibrasi.

Nah, bagi Anda yang ingin bisa bermain melodi dan improvisasi, buku Jago Melodi Gitar Tanpa Guru karya Hendro S.D. hadir sebagai bahan panduannya. Sehingga Anda tidak lagi hanya bisa meniru permainan melodi gitaris idola, tetapi juga mampu menciptakan variasi nada sendiri.

Buku terbitan Kawan Pustaka ini menitikberatkan cara termudah dan cepat untuk bermain melodi gitar melalui dasar bermain melodi, dengan notasi akor pengiring lagu atau permainan musik. Buku ini menyajikan teknik bermain melodi yang notasinya diambil dari struktur notasi akor dan penggabungan beberapa akor sebagai berikut.

•    Notasi permainan melodi diambil dari 1 struktur notasi akor.
•    Notasi permainan melodi diambil dari gabungan 2 struktur notasi akor.
•    Notasi permainan melodi diambil dari gabungan 3 struktur notasi akor.
•    Notasi permainan melodi diambil dari gabungan 4 struktur notasi akor.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan permainan melodi irama: pop, blues, pop-jazz, dan fusion. Petunjuk memainkan melodi di dalam buku ini sangat mudah dipraktekkan, yaitu kita tinggal mengikuti nomor urut yang tertera pada fret (papan nada) gitar, dan dilengkapi dengan notasi balok, gambar VCD pembelajaran.
Semoga buku ini bermanfaat.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kawan Pustaka | Penerbit Buku