Ide Unik Membuat Resep Puding Yummy Berbentuk Buah Cempedak

cempedak

Hai moms, musim buah Cempedak telah tiba. Ya, di musim penghujan seperti sekarang ini. Biasanya buah ini berbuah di akhir tahun dan awal tahun. Pohonnya bisa tumbuh di kebun, pekarangan, dan hutan liar.

Aromanya yang wangi menyengat mirip durian. Sementara dari bentuk durinya dan warna daging buah kuning mirip buah Nangka. Bedanya buah Cempedak berbentuk memanjang, lonjong. Akan lebih jelas terlihat berbeda ketika buah ini dibuka.

Ada banyak manfaat dari sisi kesehatan dari buah yang memiliki kandungan air tinggi ini. Buah ini mengandungan vitamin A, E, dan bisa untuk menangkal radikal bebas. Ada juga yang mempercayai sebagai obat tumor dan mencegah stroke.

Cara memakannya pun beragam. Mulai dari dikonsumsi langsung dari daging buah segarnya. Bisa juga direbus, disayur, digoreng, atau diberi tepung, dan cara lainnya.

Nah, bagi sudah kebayang mau mencari buah ini, sebelumnya tahan dulu moms. Ini ada ide unik membuat puding yummy berbentuk buah cempedak. Tepatnya puding Cempedak ini rasanya buah nangka. Karena belum ada perasa dari buah Cempedak, maka dipilihlah perasa buah Nangka. Ada yang pernah mencobanya moms?

Simak ya moms, cara mengolah puding berbentuk buah Cempedak tentu dengan rasa yummy. Dijamin tanpa biji, langsung dimakan, dan endolll. Cara membuatnya mudah, dan bahannya mudah ditemukan. Yuk bikin moms!

 

Resep Puding Berbentuk Buah Cempedak

Berikut resep puding dari buah Cempedak hasil olahan @yoenitaa (Instagram).

Bahan Puding


1 bungkus agar-agar bening

500 ml air

½ sdt perasa nangka

100 gr gula pasir

100 ml susu kental manis

4 tetes pewarna makanan oranye

 

Bahan Lain:

Plastik panjang untuk membuat es lilin/es mambo

 

Cara Membuat

 

Masak semua bahan puding sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Matikan api, hilangkan uap panasnya.

 

Siapkan plastik es lilin, ikat ujungnya. Masukkan ½ sendok sayur adonan puding, ikat ujungnya, laly potong di ujung ikatan. Lakukan berulang hingga adonan puding habis. Masukkan puding ke dalam air dingin, biarkan hingga mengeras. 

Setelah semua mengeras, keluarkan puding dari plastik, lalu susun di atas piring membentuk daging buah cempedak.

 

resep puding cempedak

Foto @yoenitaa

 

puding cempedak

Hasil akhir puding berbentuk daging buah Cempedak. | Foto @yoenitaa

 

Pesan dari @yoenitaa, kunci mencoba semua resep puding adalah kesabaran dan ketelatenan. Moms pasti bisa.

Resep di atas diambil dari buku Sweet and Yummy yang dibuat oleh @yoenitaa, pemilik akun Instagram dengan followers 239 ribu. Buku ini berisi 86 resep puding, kue, dan roti. Buku yang diterbitkan oleh Kawan Pustaka ini dikemas dalam isi dan desain berwarna di atas kertas art paper. Jadi awet untuk dikoleksi.

Sweet and YummyAneka resep makanan dalam buku ini merupakan inspirasi bagi moms yang ingin menjalankan bisnis kuliner atau pun sekadar dinikmati sendiri bersama keluarga. Selain resep puding, ada banyak aneka resep masakan kue tradisional turunan atau warisan dari ibunda Yoenita. Harapannya melalui buku ini aneka resep dalam buku ini tidak hilang dan kelak bisa diturunkan pada anak cucu.

Buku ini sudah bisa ditemukan di toko buku online dan Gramedia terdekat di kota moms. Yuk, koleksi buku Sweet and Yummy!

 

 

 

 

 

 

 

sumber foto Cempedak 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *