Cara Mudah Membuat Bolu Gulung Motif - Kawan Pustaka | Penerbit Buku

Cara Mudah Membuat Bolu Gulung Motif

bolu-luar-kp

bolu-luar-kpBolu adalah salah satu jenis kue yang terkenal di Indonesia. Kue ini dapat dibuat dengan beragam cara, seperti dipanggang atau dikukus. Bentuknya pun bervariasi, mulai dari menggunakan loyang bulat, loyang segitiga, cetakan cupcake, hingga digulung.

bolu-luar-kp

Bolu adalah salah satu jenis kue yang terkenal di Indonesia. Kue ini dapat dibuat dengan beragam cara, seperti dipanggang atau dikukus. Bentuknya pun bervariasi, mulai dari menggunakan loyang bulat, loyang segitiga, cetakan cupcake, hingga digulung.

Untuk bolu kukus, beragam variasi hiasan dapat Anda buat untuk mempercantik kue. Kuncinya adalah menggunakan bahan yang berkualitas. Contohnya pewarna makanan. Sangat disarankan untuk memakai pewarna makanan yang dianjurkan oleh BPPOM. Terdapat tiga jenis pewarna makanan, yaitu berbentuk cairan dengan basis air, cairan dengan basis minyak, dan serbuk. Semuanya aman dikonsumsi asal sesuai takaran dan tidak berlebihan.

Dari beragam jenis bolu kukus, bolu dengan cara digulung biasanya menjadi pilihan orang untuk dijadikan sajian atau hantaran. Anda dapat lebih berkreasi dengan menambahkan gambar pada permukaan kue. Bagaimana caranya? Berikut resep lengkapnya

Bahan:
3 butir telur ayam utuh
1 kuning telur
125 gr gula pasir
100 gr tepung terigu, ayak
¼ sdt pasta vanilla
90 ml santan instan
1 sdt emulsifier
Pasta cokelat
Butter cream secukupnya

Cara membuat:

bolu-11. Buat gambar pola di kertas roti. Pasang ke dalam cetakan bolu gulung dengan cara dibalik. Semir dengan sedikit minyak. Sisihkan. Kocok telur, gula pasir, emulsifier, dan vanilla sampai kental dan berjejak. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam mikser, turunkan kecepatan menjadi paling rendah. Tuang santan sedikit demi sedikit.

bolu22. Ambil 2 sendok sayur adonan telur masukkan ke dalam piping bag. Beri pasta cokelat untuk sisa adonan, aduk rata. Lukis pola yang telah dibuat dengan adonan. Kukus selama 5 menit.

bolu33. Tambahkan adonan kuning dan cokelat, kukus kembali selama 15 menit. Angkat, dinginkan. Oleskan butter cream, gulung dengan sedikit dipadatkan tunggu beberapa saat agar gulungan tidak lepas.

 

Kue bolu gulung motif ini dapat Anda sajikan untuk pesta atau juga dapat Anda jadikan ladang usaha yang cukup menjanjikan. Untuk menjual, tentunya harus bisa menetapkan harga jual yang terdiri dari biaya produksi ditambah keuntungan. Untuk menentukan biaya produksi, selain harga bahan baku, jangan lupa memperhitungkan gas dan listrik. Untuk bahan yang sering kali naik turun seperti minyak dan telur, gunakan harga tertinggi agar tak merugi saat harga naik.

Setelah mendapatkan Harga Pokok Penjualan, barulah kita menentukan besarnya keuntungan yang diinginkan. Jangan ragu untuk menetapkan harga jual, karena masih ada biaya lain seperti tenaga, penyusutan alat, air, serta sabun untuk mencuci peralatan masak yang belum diperhitungkan. Besarnya keuntungan berbeda bagi tiap orang, tergantung target penjualan, dan sejauh mana masing-masing menghargai hasil produksinya, apakah sudah layak untuk mendapatkan harga jual yang baik atau masih menginginkan harga promo.


mudah-membuat-bolu-kukus-hiasMasih banyak lagi resep bolu kukus yang dapat Anda coba dalam buku Mudah Membuat Bolu Kukus Hias dari Fifi Erdia. Terdapat jenis klasik dan modern, langkah pembuatan, dan juga perhitungan peluang usaha.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kawan Pustaka | Penerbit Buku

Mega-Best-Seller-Simple-Moist Cake dan Home Baking

We Are Hiring Interns!

po lost and found