Cara Membuat Saus Jamur untuk Hidangan Barbeque

saus-jamur

saus-jamurMenjelang pesta tahun baru ini biasanya banyak sekali yang harus dipersiapkan, mulai dari tempat liburan, transportasi, akomodasi, dan yang lainnya. Bagi Anda yang merayakan pesta tahun baru di rumah, apa saja yang sudah disiapkan?

saus-jamur

Menjelang pesta tahun baru ini biasanya banyak sekali yang harus dipersiapkan, mulai dari tempat liburan, transportasi, akomodasi, dan yang lainnya. Bagi Anda yang merayakan pesta tahun baru di rumah, apa saja yang sudah disiapkan?

Merayakan pesta di rumah tentu Anda harus mempersiapkan semuanya sendiri. Mulai dari ruangan yang digunakan, siapa saja yang diundang, sampai menu apa yang ingin disajikan. Biasanya pesta tahun baru identik dengan menu bakar-bakaran atau barbeque. Menu barbeque banyak dipilih karena terbilang praktis, dan semua orang dapat memanggang. Suasana akan lebih seru dan akrab.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan barbeque. Sebut saja daging sapi, kambing, ayam, ikan, sampai sayuran seperti jagung manis dan ubi. Jika semuanya sudah dipersiapkan, jangan lupa untuk membuat saus pelengkap supaya hidangan semakin lezat.

Saus yang biasa digunakan adalah saus barbeque. Saus ini terdiri dari kaldu, bawang, kecap, tomat, dan beberapa bahan lain. Namun selain saus barbeque, Anda juga bisa menggunakan saus lain. Contohnya saus jamur seperti di bawah ini

Saus Jamur
BAHAN:
1 sdm mentega

2 sdm tepung terigu
300 ml kaldu ayam/daging/ air
60 g jamur kancing, cincang
50 ml krim kental

2 sdm pasta tomat

2 lembar daun bay
3 sdm bawang bombai cincang
1⁄2 sdt lada halus
1 sdt garam halus

CARA MEMBUAT:
1. Panaskan mentega, tumis bawang bombai hingga harum. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
2. Tuang kaldu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Tambahkan jamur, krim kental, pasta tomat, lada, garam, dan daun bay. Masak hingga matang dan tekstur saus mengental. Angkat.
3. Tuang ke dalam tempat saus. Hidangkan.
Jika tekstur sausnya bergumpal, Anda cukup menyaringnya dengan saringan. Saus jamur ini biasanya digunakan untuk pelengkap penyajian steak daging, ayam atau ikan. Selamat mencoba!


koleksi-resep-sambal--sausBeragam resep saus dapat Anda temukan dalam buku Koleksi Resep Sambal dan Saus dari Budi Sutomo. Ratusan jenis sambal dan saus tersaji untuk Anda.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *