Cara Membuat Brown Sauce untuk Steak - Kawan Pustaka | Penerbit Buku

Cara Membuat Brown Sauce untuk Steak

brown-sauce

brown-sauceHidangan seperti steak, salad, seafood, atau pasta memerlukan saus sebagai pelengkap hidangan. Kehadiran saus juga akan memperkaya rasa dan mempercantik masakan. Dari aneka pilihan saus yang ada, semuanya memiliki peruntukkan pada jenis hidangan yang berbeda.

brown-sauce

Hidangan seperti steak, salad, seafood, atau pasta memerlukan saus sebagai pelengkap hidangan. Kehadiran saus juga akan memperkaya rasa dan mempercantik masakan. Dari aneka pilihan saus yang ada, semuanya memiliki peruntukkan pada jenis hidangan yang berbeda.

Pada dasarnya, membuat saus memerlukan cairan dan pengentalnya. Cairan dapat berupa kaldu, air, santan, atau susu. Sedangkan untuk pengentalnya dapat digunakan tepung terigu, maizena, tepung kanji, tepung kentang, krim kental, atau saus yang kental dari bahan itu sendiri. Contohnya seperti saus labu kuning, saus tomat, atau saus cocolan dari buah-buahan.

Ketika akan membuat saus yang bercitarasa gurih, Anda membutuhkan kaldu sebagai bahan utamanya. Kaldu dapat dibuat dari rebusan daging, ayam, ikan, atau sayuran. Bahan dasar kaldu yang berbeda memerlukan kiat khusus yang berbeda pula agar kaldu yang dihasilkan jernih, harum, dan tentu lezat.

Untuk membuat kaldu, Anda membutuhkan air dengan perbandingan 2:1 antara air dan karkas (campuran daging dan tulang sapi, ayam, atau ikan). Ketika akan membuat kaldu daging, Anda membutuhkan tulang yang masih ada dagingnya dan dipotong kecil-kecil. Sama halnya dengan membuat kaldu ayam dan ikan. Kaldu ikan akan terasa lebih lezat jika Anda menggunakan kepala dan tulang ikan yang masih ada daging yang menempel di tulangnya.

Telah disebutkan bahwa kaldu tidak hanya dapat dibuat dari tulang daging, melainkan dapat juga dari sayuran. Pada masakan Eropa biasanya terdapat istilah Bouquet Garni pada kaldunya. Bouquet Garni adalah bumbu dan rempah yang terdiri dari batang seledri besar, thyme, bay leaf, rosemary, basil, tarragon, leek, dan lada butir. Rempah ini diikat jadi satu dengan benang atau dibungkus dengan kain kasa dan diikat, kemudian direbus bersama potongan karkas daging dan mirepoix. Mirepoix sendiri adalah campuran sayuran yang terdiri dari bawang bombai, batang seledri cincang, dan juga potongan wortel.

Ingin mencoba membuat saus sendiri? Yuk, coba membuat Brown Sauce untuk hidangan steak berikut ini:

Bahan:
1 sdm mentega
2 sdm bawang bombai, cincang
2 siung bawang putih, cincang
2 sdm tepung terigu
500 ml kaldu daging/brown stock
2 sdm pure tomat/pasta tomat
1 sdt seledri, cincang
2 lembar daun bay
½ sdt lada halus

Cara Membuat:
1. Panaskan mentega, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Tambahkan tepung terigu, masak hingga tepung terigu kalis
2. Tuang kaldu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga mendidih, tambahkan pasta tomat, seledri, daun bay, dan lada. Masak hingga tekstur saus mengental. Angkat.
3. Saring saus, tuang ke dalam tempat saus. Sajikan sebagai pelengkap hidangan.

Brown sauce atau Espagnole ini dapat Anda sajikan untuk pelengkap steak sebanyak 6 porsi. Selamat mencoba!


koleksi-resep-sambal--sausDapatkan variasi resep lengkap aneka sambal dan saus dalam buku Koleksi Resep Sambal & Saus dari Budi Sutomo. Ratusan jenis sambal dan saus tersaji untuk Anda.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kawan Pustaka | Penerbit Buku

Mega-Best-Seller-Simple-Moist Cake dan Home Baking

We Are Hiring Interns!

po lost and found