Ayam Lezat Rendah Kolesterol

Kadar kolesterol yang berlebihan dalam darah merupakan salah satu penyebab penyumbatan pada pembuluh darah jantung dan otak yang dapat menimbulkan serangan jantung serta stroke. Oleh sebab itu, para pakar kesehatan banyak memberikan warning akan bahaya kolesterol ini.

Pun demikian, kolesterol tidak selamanya buruk bagi kesehatan. Kelesterol juga merupakan komponen utama sel otak dan saraf, serta menjadi bahan pembentukan sejumlah steroid penting, seperti asam empedu, asam folat, hormon-hormon adrenal korteks, estrogen, androgen, dan progresteron.

Dengan demikian, mereka yang peduli terhadap kesehatan tubuhnya, mesti selektif dalam memilih makanan agar asupan kolesterol di dalam darahnya seimbang. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan memilih bahan makanan yang rendah kandungan kolesterolnya atau mencari bahan alternatif tertentu sebagai bahan masakan kesukaannya, misalnya santan kelapa diganti dengan santan kedelai.

Seperti kita ketahui, hampir semua orang menyukai ayam. Namun, ternyata ayam mengandung kolesterol tinggi, terutama di bagian daging dan telurnya. Kandungan kolesterol pada ayam negeri mencapai 200 mg, sedangkan ayam kampung hanya setengahnya.

Nah, jika Anda merupakan penggemar masakan berbahan dasar ayam, banyak cara untuk menikmatinya, tapi tetap sehat bagi tubuh kita. Yaitu dengan menggunakan bahan dasar ayam kampung yang memiliki kandungan kolesterol lebih rendah dan bahan-bahan pelengkap santan dari kedelai, sebagaimana terdapat dalam buku Sajian Ayam Nusantara Rendah Kolesterol yang diterbikan Kawan Pustaka.

Dalam buku yang ditulis Ferdian Kusuma ini, berisi 18 resep variasi masakan ayam dengan bumbu tradisional khas nusantara. Buku ini dilengkapi dengan informasi kandungan gizi per porsinya. Beberapa teknik mengolah ayam bisa menjadi informasi penting yang perlu Anda ketahui. Membuat poyah kedelai merupakan alternatif untuk menggantikan poyah kelapa. Pun, ketika akan membuat ayam bersantan, pemakaian santan kedelai menjadi pilihan sehatnya. Jadi, tidak perlu takut mengonsumsi ayam, pastikan Anda memasaknya dengan bijak.

Selamat mencoba!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kawan Pustaka | Penerbit Buku