8 Alasan Penting Mengapa Perlu Belajar Memasak  - Kawan Pustaka | Penerbit Buku

8 Alasan Penting Mengapa Perlu Belajar Memasak 

alasan belajar memasak

Memasak sendiri itu lebih sehat dan murah. Itu alasan pertama bagi banyak orang memilih belajar dan rutin memasak di rumah. Selanjutnya, asal berani membaca dan mempraktikkan resep-resep masakan, inilah langkah nyata dan penting berikutnya yang perlu diacungi jempol. 

Soal hasil dan urusan rasa soal nanti, yang penting berani praktik dulu. Dan hasilnya bisa diunggah dan dipamerkan ke media sosial. 

Tips belajar memasak bisa belajar dari salah satu chef terkenal. Rajin membaca dan mempelajari resep, adalah langkah pertama yang disarankan oleh Chef Juna, seperti dilansir tempo.co. Juna juga menambahkan cari resep dan uji coba menjadi langkah selanjutnya.

Nah, bagi yang masih berpikir merepotkan, memasak itu memakan banyak waktu, nampaknya perlu menyimak 8 alasan penting keterampilan memasak itu perlu. Kerepotan tersebut bisa kamu singkirkan ketika kamu membaca delapan alasan penting di bawah ini, nggak percaya, coba scroll ke bawah.

Memasak Makanan yang Kamu Suka

alasan belajar memasak

Ini eksperimen pertama yang mungkin akan membuatmu terus tertarik dalam belajar memasak. Praktik memasak dari apa yang kamu suka dengan resep terbaik yang bisa kamu coba sendiri dari dapur rumahmu. Dari keingintahuan kamu mengulik resep makanan kesukaan kamu, mungkin menjadikan kamu ketagihan dalam urusan masak-memasak. 

 

Mengusir Stress dengan Memasak

belajar memasak

 

Setelah lelah dengan rutinitas sehari-hari seperti sekolah, kuliah atau bekerja, kamu bisa membuktikan sendiri bahwa memasak bisa menghilangkan stress. Sebab kegiatan memasak bisa membuat orang bahagia.

 

Membangun Kreativitas dan Cita Rasa

belajar memasak

Memasak itu bisa membuatmu lebih kreatif dan tidak hanya mengasah cita rasa di lidah, namun seni menyajikan masakan. Selain itu kamu bisa mengontrol bumbu dan cita rasa yang bisa kamu modifikasi sesuai seleramu, bahkan memungkinkan menghadirkan resep-resep baru yang bisa kamu tulis dan bagikan ke media sosial.

 

Hidup Bersih dan Sehat dengan Memasak Sendiri

 

Memasak dari rumah relatif lebih memperhatikan urusan kesehatan dan kebersihan. Dari mulai bahan yang dibeli, hingga alat masak sudah semestinya lebih bersih dan higienis.

 

Memasak untuk Dikembangkan Menjadi Bisnis Makanan

bisnis makanan

 

Inspirasi belajar memasak ada juga yang ditujukan untuk goal mengembangkan bisnis makanan. Dorongan ini tidak sedikit yang mengikutinya. Menjamurnya bisnis kuliner menjadi daya tarik banyak orang untuk belajar memasak. Memasak bahkan tidak sekadar menjadi rutinitas atau hobi, tetapi bisa mendatangkan cuan.

 

Persiapan Masak yang Baik, Membutuhkan Waktu Lebih Sedikit

belajar memasak

 

Nah, ini menjawab kekhawatiran soal masak yang memakan banyak waktu dan merepotkan. Bagaimana persiapan yang baik dalam memasak? Salah satunya meletakkan peralatan memasak di tempat yang mudah dijangkau. Selain itu siapkan aneka bahan dan bumbu dasar di dapur agar menghemat waktu dan tidak bolak-balik ke luar rumah. Siapkan juga daftar resep setidaknya dalam seminggu yang ingin kamu uji coba.

 

Belajar Budaya dan Cita Rasa dari Masakan

masakan padang

 

Resep masakan dari setiap wilayah berbeda-beda rasanya. Dari sini kamu bisa belajar banyak hal soal budaya dari balik resep masakan. Misalnya, bagaimana ciri khas rasa pedas dan bersantan misalnya kental dengan budaya Padang. Rasa masakan manis yang selalu hadir pada masakan khas Yogyakarta. Sementara masakan kari banyak terpengaruh budaya dari Timur Tengah atau India.

 

Menambah Keterampilan dan Membangun Rasa Percaya Diri

belajar memasak

 

Bagi yang memiliki kendala atau enggan pergi ke dapur karena sebelumnya tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman memasak, solusi masalah ini bisa dicoba dengan menggali inspirasi memasak dari akun Instagram atau Youtube. Dengan banyak menonton tutorial memasak memungkinkan sekali untuk tergerak mencoba.  Rujukan akun Instagram yang bisa Bunda ikuti antara lain @devihermawan dan @restuutamidewi. Nah, dengan berani mencoba keterampilan baru, maka rasa percaya diri untuk praktik memasak bisa muncul.

 

Rujukan Buku Memasak

Uji coba belajar memasak tetap membutuhkan buku-buku rujukan untuk menginspirasi Bunda. Ada aneka jenis resep dari yang sederhana hingga kompleks. Berikut ini empat judul buku yang bisa Bunda koleksi dan diletakkan di dapur agar lebih bersemangat dalam belajar memasak dari beragam resep. 

 

 

Selamat belajar memasak dari dapur rumah!

 

 

Foto: Canva.com

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kawan Pustaka | Penerbit Buku

Mega-Best-Seller-Simple-Moist Cake dan Home Baking