Tiramisu Macaroon; Kue Kering Modern yang Menggugah Selera

tiramisu macarons

Masa kejayaan kue kering memang tidak ada matinya. Bahkan kini, variasi kue kering semakin berkembang. Tak jarang kita pun dibuat bingung dengan berbagai pilihan kue kering yang ada. Benar, kan, Kawanita?


tiramisu macarons

Masa kejayaan kue kering memang tidak ada matinya. Bahkan kini, variasi kue kering semakin berkembang. Tak jarang kita pun dibuat bingung dengan berbagai pilihan kue kering yang ada. Benar, kan, Kawanita?

Nah, salah satu kue kering modern yang bisa Kawanita coba buat adalah Tiramisu Macaroon. Berikut adalah resepnya.

Bahan:
400 g icing sugar
100 g putih telur
2 sdm tepung maizena
50 g bubuk almond, ayak
¼ sdt garam halus
1 sdm bubuk cappuccino instan
1 sdm margarin, secukupnya

Isi:
100 g keju mascarpone
60 ml krim kental
60 g white cooking chocolate
1 sdm kahlua

Cara membuat:
1.    Kocok putih telur dengan icing sugar dan garam halus hingga mengembang kaku.
2.    Masukkan tepung maizena, bubuk almond dan bubuk cappuccino instan ke dalam adonan putih telur, aduk sebentar hingga tercampur rata.
3.    Siapkan loyang kue kering beroles margarin. Masukkan adonan macaroon ke dalam pipping bag, gunting bagian ujungnya.
4.    Semprotkan adonan ke atas loyang membentuk bulatan. Diamkan di dalam suhu ruang selama 1 jam hingga adonan mengembang. Taburi bagian atasnya dengan bubuk cappuccino instan.
5.    Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 160 0C selama 15 menit.
6.    Buka pintu oven, selama 3 menit. Panggang kembali di dalam suhu 130 0C selama 25 menit atau hingga kue matang dan kering. Angkat. Diamkan adonan hingga dingin di atas loyang. Keluarkan kue dari cetakkan.
7.    Isi: tim white cooking chocolate hingga meleleh. Tambahkan krim kental, keju mascarpone, dan kahlua. Masak sambil diaduk-aduk hingga tekstur olesan lembut, angkat. Isi siap digunakan.
8.    Ambil satu buat macaroon, olesi dengan bahan isi, tutup dengan macaroon yang lain.
9.    Simpan macaroon di dalam stoples kedap udara. Sajikan.

Tips:
Jangan menggunakan gula halus karena akan menghasilkan macaroon dengan warna kusam dan teksturnya kasar. Gunakan icing sugar, jenis gula ini bisa dibeli di toko bahan kue.

Mudah, kan, membuatnya? Yuk, intip resep-resep kue lainnya melalui buku Koleksi Resep Cake Populer Bolu, Kue Kering, & Roti.


koleksi resep cake populerKoleksi Resep Cake Populer Bolu, Kue Kering, & Roti yang ditulis oleh R. Adie Wibowo berisi 52 resep bolu/cake, 16 resep kue kering, dan 47 resep roti yang bisa Kawanita bikin sendiri di dapur kesayangan. Dilengkapi juga dengan tips antigagalnya, lho. Selamat mencoba!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *