5 Tips Sukses Marinating dan Menggoreng Ikan

sajiap super sedap dari ikan salmon

Sebelum ikan digoreng, seharusnya melewati proses perendaman dalam bumbu perendam (marinade/marinating) dulu. Selain mengusir aroma amis, proses perendaman akan membuat daging ikan yang tadinya bertekstur keras menjadi cepat lunak dan empuk. Jadi waktu untuk mengggoreng ikan lebih singkat, tanpa mengurangi cita rasa. Justru semakin lama direndam bumbu perendam, bumbu makin meresap, hingga rasanya lebih enak

Bumbu sederhana yang sering dipakai untuk merendam ikan sebelum digoreng adalah air jeruk nipis, merica putih bubuk, dan garam halus. Ikan goreng yang dihasilkan akan kering bagian luarnya, dan empuk bagian dalamnya, dengan warna kuning keemasan. Jadi ikan tidak akan hancur jika diolah lebih lanjut bersama kuah, atau saus pekat bercitara tajam.

Bisa saja ke dalam bumbu perendam ditambahkan bawang putih halus, kecap ikan, saus tiram dan minyak wijen. Rasanya memang oke banget. Tapi sayang, cara ini akan membuat ikan goreng berwarna kecokelatan, akibat zat sulfur yang berasal dari bawang putih. Berikut tips marinade/marinating dan menggoreng ikan yang benar.

1| BAHAN:

Pakai jeruk nipis tua yang kulitnya sudah kuning kecokelatan, tapi tidak busuk, karena airnya banyak, dan dapat mengusir aroma tanah pada ikan. Air jeruk nipis bisa diganti air belimbing wuluh, atau air asam jawa (tapi ikan jadi berwarna kecokelatan).

2| ALAT:

Pakai wadah dari kaca atau stainless steel karena tidak luntur, dan tidak bereaksi dengan zat asam yang berasal dari bumbu perendam. Dan jangan pakai wadah dari gerabah atau keramik, karena bumbu perendam dapat menembus pori-pori wadah tersebut.

3| CARA MARINADE: Campur bumbu perendam dengan ikan (sudah disiangi bersih, difilet, utuh dikerat-kerat, atau dipotong-potong). Aduk rata. Tutup rapat. Simpan di lemari es sambil sesekali diaduk agar bumbu meresap merata.

4| WAKTU: Paling cepat 15-30 menit. Ingin rasa lebih enak, rendam 30-60 menit. Atau semalaman dengan menyimpannya di lemari es.

buku sajian super sedap kawan pustaka5| MENGGORENG: Goreng ikan secara bertahap dalam minyak banyak, dan panas di atas nyala api sedang hingga salah satu sisinya kering. Balikkan. Goreng hingga kering seluruhnya. Angkat. Tiriskan. Ikan siap diolah lebih lanjut

 

(Baca resep acar gurami, goreng lele lado mudo, ikan goreng bumbu kari, ikan kembung masak telur pedas, kakap bumbu kacang mede, dan siram lombok dalam buku SAJIAN SUPER SEDAP (klik juga di cover untuk melihat katalognya).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *