Teknik Ideal dan Mudah Bermain Gitar Elektrik

Gitar elektrik merupakan paduan bahan alami dan komponen elektronik. Bahan alami dibutuhkan untuk menyusun bagian utama gitar elektrik, yaitu body dan neck yang berfungsi untuk menghasilkan suara gitar. Oleh karena itu, body dan neck harus terbuat dari bahan kayu yang bagus dan dibuat dengan sangat presisi, agar tidak ada suara yang bocor melalui bagian tersebut. Sedangkan komponen elektronik berfungsi untuk menangkap sinyal suara yang bergetar di dalam body gitar dan meneruskannya ke output jack.

Rangkaian elektronik terdiri dari komponen humbucker atau pick up coil, rangkaian knob volume dan tone, serta switch yang berfungsi untuk mengatur bagian humbucker atau pick up yang bekerja. Tiap-tiap humbucker dan pick up memiliki karakter suara yang berbeda, tergantung merek dan peletakannya pada body gitar.

Gitar elektrik juga memiliki perangkat keras (hardware) yang terdiri dari bridge (tremolo) untuk meletakkan senar gitar, fret pada fingerboard untuk memainkan nada, tuning keys pada headstock untuk mengatur nada tiap-tiap senar, dan machine head yang berfungsi untuk mengunci senar.

Untuk itu, buku Jago Main Gitar Elektrik + Memilih Gitar, Efek, & Sound System Sesuai dengan Genre Musik ini memberikan informasi mengenai cara bermain dan memilih gitar untuk pemula yang ingin belajar bermain gitar, dan gitaris yang ingin mengetahui karakter sound yang bisa didapatkan dari sebuah gitar.

Materi yang disampaikan dalam buku karya Ardi Renaldi dan Erick Erizawa ini disajikan dengan sangat praktis, mulai dari tuning, pemanasan jari, permainan rhythm, hingga spesifikasi gitar, karakter suara dari jenis kayu tertentu, serta pemilihan efek dan amplifier.Buku ini juga dilengkapi cara-cara praktis merawat gitar elektrik agar tetap fit dan awet.

Buku terbitan KawanPustaka ini bisa membantu siapa pun dalam bermain dan memilih gitar yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk memainkan gitar elektrik berbagai genre, VCD yang disertakan dalam buku ini bisa dijadikan alat bantu yang memudahkan Anda bermain gitar secara ideal.
Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kawan Pustaka | Penerbit Buku