Mudah Bahasa Inggris Menjelang UN

Mayoritas siswa menganggap bahwa belajar bahasa Inggris itu susah. Sebab, selain bahasa asing, siswa juga harus menguasai grammar dan memiliki pembendaharaan kosakata yang cukup. Sehingga, para siswa kerap harus membolak-balik kamus dan buku grammar. Sementara, kosakata bahasa Inggris, antara tulisan dan pelafalannya berbeda.

Pada jenjang pendidikan tingkat SLTP, materi pelajaran bahasa Inggris sudah lebih tinggi. Tingkat kesulitannya pun berbeda dengan materi yang disampaikan di bawah tahun 2000. Pasalnya, kurikulum pendidikan Indonesia telah dikonsep menjadi kurikulum berbasis kompetensi. Tujuannya, agar bisa menjawab tantangan zaman (peradaban) dan bersaing dengan negara-negara luar.

Dengan demikian, tuntutan pun semakin banyak, yaitu tuntutan untuk menguasai banyak materi pelajaran dengan waktu yang terbatas. Dari sinilah, kita harus membuat suatu metode belajar yang praktis dan mudah, tapi efektif. Diharapkan, siswa mampu menguasai materi guna menghadapi ujian nasional (UN) secara optimal, sehingga tercapai hasil yang memuaskan.

Dalam hal itu, redaksi KawanPustaka, dengan ditempa pengalaman menerbitkan buku-buku pelajaran, membuat suatu konsep belajar bahasa Inggris yang mudah dan praktis, khusus menghadapi ujian nasional (UN). Konsep tersebut dikemas dalam buku Kumpulan & Pembahasan Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP.

Buku ini berisi tentang kumpulan soal-soal ujian nasional bahasa Inggris dari tahun 1999 – 2007. Materi yang disajikan dalam buku ini disusun secara sistematis berdasarkan urutan tahun dan pokok bahasannya. Pada masing-masing pokok bahasan, diberikan pembahasan jawaban dari tiap soal, sehingga siswa bisa mengerti sepenuhnya tentang soal yang diberikan dan jawabannya.

Dengan memelajari buku ini, siswa akan mendapatkan beberapa keuntungan. Di antaranya, siswa mampu memprediksi soal yang akan keluar, mengetahui bagaimana bentuk soal-soal ujian nasional dibuat pada tahun-tahun sebelumnya, dan selain berlatih mengisi soal ujian nasional, juga mengetahui aspek pembahasan soal dan jawabannya.

Untuk menambah kesempurnaan, buku ini juga dilengkapi dengan tabel statistik soal-soal ujian nasional bahasa Inggris SMP/MTs. Sehingga, siswa bisa mengetahui beberapa soal yang keluar dari masing-masing pokok pembahasan pada tiap tahunnya dari tahun 1998—2007. Selamat belajar dan sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kawan Pustaka | Penerbit Buku