Teknik Memasak Rendang ala Resto Padang

Rendang. Masakan dari daerah Sumatera Barat ini memang sudah terkenal di mana-mana. Bahkan, saking tenarnya, siapapun bisa membuatnya sendiri. Termasuk Anda.

Hal itu terjadi karena teknik memasak rendang sangatlah mudah untuk dilakukan. Meski begitu, tak jarang pula masih ada yang gagal membuatnya. Jika Anda ingin mengetahui teknik memasak rendang yang kerap dilakukan di dapur resto Padang ikutilah petunjuknya di bawah ini.

Teknik perebusan dilakukan dengan api kecil. Hal ini bisa menghasilkan rendang yang kering, empuk, hitam, berminyak, dan berdedak banyak. Supaya daging tidak hancur, setelah empuk dan lunak, angkat dari santan perebusnya. Sementara sisa santan dimasak terus dengan api kecil hingga kental. Masukkan kembali daging, aduk hingga kering dan berminyak, lalu angkat.

Nah, untuk memanaskannya ikutilah cara di bawah ini:

  1. Panaskan 3 sdm minyak rendang (minyak yang keluar dari rendang).
  2. Tumis 7 siung bawang putih yang diiris halus hingga harum dan kekuningan.
  3. Masukkan 1 kg rendang, aduk hingga panas dan beruap. Angkat dan hidangkan.

Teknik memasak dan memanaskan rendang ini ditulis Rahmat Kusnedi & Bahrun Darodjie dalam buku Variasi Masakan Padang Favorit yang diterbitkan oleh KawanPustaka. Dalam buku tersebut, kedua penulis ini menyajikan 14 resep masakan padang yang tentunya menggugah selera.

Selain menyajikan resep andalan, kedua chef ini juga memaparkan tip & trik rahasia kelezatan masakan padang dan cara membuatnya. Jadi, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kawan Pustaka | Penerbit Buku