5 Bumbu Dasar Masakan Cina Plus Resep Capcay Cah

capcay cah

Anda tentu tidak asing dengan masakan Cina, kan? Dimsum, capcay, kwetiau, siomay, atau I fu mi adalah beberapa masakan Cina yang biasa kita temukan di restoran-restoran.

capcay cah

Anda tentu tidak asing dengan masakan Cina, kan? Dimsum, capcay, kwetiau, siomay, atau I fu mi adalah beberapa masakan Cina yang biasa kita temukan di restoran-restoran.

Pada dasarnya, membuat masakan Cina bukanlah hal sulit. Yang perlu Anda perhatikan adalah bumbu dasar yang digunakan pada masakan Cina. Berikut adalah beberapa di antaranya.

jaheJahe
Jahe biasanya digunakan untuk bumbu masakan, pemberi aroma pada minuman, puding, atau kue. Digunakan dalam bentuk segar atau bubuk kering. Pilih jahe dengan bentuk utuh, berkulit mulus, dan besar. Simpan jahe dalam suhu ruang yang kering dan tidak lembap agar tidak bertunas. Bakar jahe segar sebelum digunakan untuk bumbu agar lebih wangi dan tidak beraroma mentah. Memarkan atau parut jahe agar aromanya lebih keluar.

bawang putihBawang Putih
Sebagian besar masakan Cina menggunakan bawang putih sebagai bumbunya. Di pasaran jenis bawang ini dijual dalam bentuk segar maupun bubuk. Penggunaannya biasanya dicincang, dimemarkan, atau dihaluskan. Memberi aroma dan rasa lezat pada masakan.

biji wijenBiji Wijen/Sesame Seed
Wijen banyak digunakan sebagai campuran dan bumbu masakan Cina. Aroma wangi yang khas memberikan efek aroma gurih pada masakan. Sangrai wijen sebelum digunakan sebagai bumbu agar aroma masakan lebih lezat. Wijen juga diekstrak minyaknya menjadi minyak wijen yang populer sebagai bumbu masakan oriental dengan aroma yang khas. Minyak ini mudah ditemui di pasar-pasar swalayan.

kecap asinKecap Asin
Proses pembuatan dan bahan kecap asin hampir sama dengan kecap biasa, namun pada kecap asin ditambahkan lebih banyak garam dan memiliki tekstur lebih encer. Perhatikan penggunaan garam jika masakan ditambahkan dengan bumbu ini agar rasa tidak terlalu asin.

saus tiramSaus Tiram/Oyster Sauce
Dibuat dari tiram yang difermentasikan dengan rempah, pati, dan karamel. Warna saus ini kecokelatan dengan tekstur agak kental, sering ditambahkan pada masakan tumisan. Saus tiram meningkatkan cita rasa gurih dan lezat pada masakan. Dijual dalam kemasan botol.

Setelah Anda mengenal beberapa jenis bumbu dasar yang biasa digunakan pada masakan Cina, kini waktunya menyicipi salah satu resep.

Capcay Cah
Bahan
100 gr daging ayam, potong dadu
50 gr kapri, bersihkan
60 gr jamur merang, belah dua
50 gr kol, potong kasar
4 buah bakso ikan, belah empat
2 buah kekian, potong-potong
60 buah kembang kol, potong per kuntum
60 gr wortel, iris tipis
50 gr kembang tahu, seduh air hangat
1 batang daun bawang, potong serong
200 ml kaldu ayam
2 sdt tepung kanji, larutkan dengan sedikit air
3 sdm minyak goreng

Bumbu
40 gr bawang bombai, potong bentuk korek api
4 siung bawang putih, cincang kasar
½ cm jahe, cincang kasar
1 sdm kecap asin
¼ sdt vetsin (jika suka)
1 sdt minyak wijen
1 sdt saus tiram
3 sdn minyak goreng
½ sdt garam halus
½ sdt lada bubuk

Cara membuat
•    Panaskan minyak, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum.
•    Masukkan potongan bakso, wortel, kekian, kembang tahu, kembang kol, dan bahan lainnya. Masak sambil diaduk.
•    Tuang kaldu, larutan kanji, dan sisa bumbu lainnya. Masak hingga kuah mengental dan semua bahan matang. Angkat.
•    Tuang ke dalam tempat saji. Hidangkan.


koleksi resep chinese food

Tidak sulit, kan, membuatnya? Selengkapnya mengenai masakan Cina bisa Anda baca dalam Koleksi Resep Chinese Food karya Budi Sutomo & Hayyana Chen. Buku ini menyajikan lebih dari 90 resep masakan Cina populer yang bisa Anda uji coba di dapur kesayangan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *