Resep Donat Kentang dengan Topping Istimewa untuk Camilan Keluarga

donat kentang

Kawanita tentu tidak asing dengan donat, kan? Camilan berbentuk bulat dan memiliki lubang di tengah ini memang sangat cocok untuk menemani waktu santai Kawanita bersama keluarga tercinta.


 

donat kentang

Sebagai salah satu camilan yang disukai banyak kalangan, kini donat hadir dengan berbagai macam pilihan rasa dan topping yang menggugah selera. Kawanita pun bisa membuat donat a la cakeries yang biasa dilihat di pusat perbelanjaan, lho. Berikut ini adalah resepnya.

Bahan:
400 g kentang, kupas, kukus, dan haluskan
400 g tepung terigu protein tinggi (hard wheat)
2 btr telur
11 g ragi instan
100 g margarin
10 g baking powder
100 g gula halus
50 g susu bubuk
200 ml air (perhatikan tekstur adonan)
½ sdt garam halus
60 g gula halus
1 lt minyak goreng untuk menggoreng

Olesan, tim hingga meleleh:
150 g white cooking chocolate, potong-potong

Isi:
200 g orange jam
1 buah apel, kupas potong dadu kecil
2 buah cengkih
100 ml air
1 sdt tepung maizena
3 cm kayu manis
40 g gula pasir
¼ sdt garam halus

Taburan:
2 sdm bubuk cappuccino instan/bubuk cokelat

Cara membuat:
1.    Campur kentang yang sudah dihaluskan, tepung terigu, gula halus, baking powder, ragi instan, garam, dan susu bubuk. Masukkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni.
2.    Tambahkan margarin, uleni hingga kalis dan terbentuk adonan yang transparan. Bulatkan adonan, biarkan mengembang 60 menit.
3.    Kempiskan adonan, giling dengan ketebalan 1 cm. Cetak menggunakan cetakan donat. Fermentasikan lagi selama 25 menit.
4.    Panaskan minyak dalam wajan. Goreng donat hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan dinginkan.
5.    Isi: campur semua bahan isi. Rebus sambil diaduk-aduk hingga mendidih, kental dan matang, angkat. Isi siap digunakan.
6.    Celupkan donat ke dalam cokelat tim. Taburi atasnya dengan bubuk cappuccino atau cokelat bubuk. Isi tengahnya dengan 1 sdm bahan isi. Atur di atas piring saji. Hidangkan.

Tips:
Kandungan air di dalam kentang berbeda-beda, karena itu perhatikan tekstur adonan. Jika adonan terlalu lembek dan lengket, tambahkan tepung terigu.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya, Kawanita? Selain sebagai camilan, donat kentang ini juga sangat cocok untuk dijadikan bekal sekolah anak, lho. Mau resep-resep camilan lainnya? Temukan dalam buku Koleksi Resep Cake Populer Bolu, Kue Kering, & Roti.


koleksi-resep-cake-populerKoleksi Resep Cake Populer Bolu, Kue Kering, & Roti karya R. Adie Wibowo akan memandu Kawanita mempraktikkan sendiri resep bolu, kue kering, & roti yang lezat. Dilengkapi juga dengan tips antigagal di tiap resepnya, informasi lengkap alat dan bahan, serta informasi toko yang menjual bahan kue untuk mendapatkan cake, kue kering, & roti yang diinginkan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *