Ladies, Inilah Teknik Dasar Merajut yang Perlu Diketahui

rajutan-kecil

rajutan-kecilBanyak cara yang bisa dilakukan para wanita untuk mengisi waktu luang. Satu di antaranya dengan merajut. Seni yang sudah ada sejak lama ini memang membawa kebahagiaan tersendiri bagi para penggemarnya. Lantas, bagaimana dengan Anda?

 

rajutan

Jika Anda belum pernah “bersentuhan” dengan seni merajut, jangan khawatir. Buang jauh-jauh anggapan bahwa merajut itu sulit dan membutuhkan banyak waktu. Asalkan Anda sudah menguasai teknik dasarnya, membuat variasi rajutan dengan aneka motif tak perlu menghabiskan waktu lama.

Sebagai awal perkenalan dengan seni merajut, Anda harus mengenal perbedaan teknik-teknik merajut; crochet stitch dan knitting.

Crochet stitch merupakan teknik rajut dengan satu jarum/hakpen. Teknik ini biasa juga disebut dengan merenda. Jarum crochet stitch memiliki kait di ujungnya untuk menarik benang. Teknik crochet stitch sangat disarankan bagi Anda yang baru belajar merajut.

Ada beberapa jenis tusuk dasar dalam crochet stitch, seperti chain, single crochet, double crochet, triple crochet dan sebagainya. Dari tusuk dasar ini Anda dapat mengembangkannya menjadi beragam pola untuk membuat aneka barang.

Teknik merajut selanjutnya adalah knitting. Teknik ini menggunakan dua jarum. Jarum rajut yang digunakan salah satu ujungnya meruncing, sementara ujung lainnya memiliki pembatas agar benang tidak lari. Berbeda dengan crochet, teknik dasar knitting adalah knit dan purl.

Knit menghasilkan tampilan seperti rantai vertikal dan purl menghasilkan tampilan seperti jelujur horizontal. Dua teknik dasar ini juga bisa dikembangkan menjadi bermacam-macam pola.

Turunan dari teknik knitting ini tergantung dari alat yang dipakai. Ada loom knitting, cable knitting, dan finger knitting.

Nah, setelah Anda mengenal teknik dasar merajut, kini saatnya Anda mencoba. Sebagai panduan, Anda bisa mempelajari detailnya melalui buku-buku merajut atau mengikuti workshop merajut.


 

kreasi-rajutan-motif-sederhana-untuk-pemulaKreasi Rajutan Motif Sederhana untuk Pemula yang ditulis oleh Octiani Laraswati berisi segala hal tentang merajut. Mulai dari teknik dasar, alat dan bahan yang digunakan, jenis-jenis tusukan, step by step pola merajut, hingga galeri aneka rajutan cantik.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *