Kreasi Souvenir Manis dan Hemat Biaya

souvenir-2

souvenir-2Menyiapkan pernak-pernik pernikahan memang menjadi salah satu momen yang terbilang merepotkan sekaligus menyenangkan. Banyak hal yang harus dipersiapkan agar pernikahan berjalan dengan mulus. Mulai dari pemesanan gedung, katering, dekorasi pelaminan, tata rias, musik, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak persiapan tersebut, jangan lupakan satu bagian kecil dalam pesta pernikahan yang akan diingat orang, yaitu souvenir.

souvenir-2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menyiapkan pernak-pernik pernikahan memang menjadi salah satu momen yang terbilang merepotkan sekaligus menyenangkan. Banyak hal yang harus dipersiapkan agar pernikahan berjalan dengan mulus. Mulai dari pemesanan gedung, katering, dekorasi pelaminan, tata rias, musik, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak persiapan tersebut, jangan lupakan satu bagian kecil dalam pesta pernikahan yang akan diingat orang, yaitu souvenir.

Souvenir seringkali menjadi bagian yang terlupakan dalam persiapan pesta pernikahan. Karena biasanya yang lebih diperhatikan adalah hal yang besar seperti katering dan dekorasi acara. Padahal souvenir adalah salah satu bentuk rasa terima kasih pengantin kepada para tamu.

Kini ada beragam souvenir yang dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi. Anda dapat memilih souvenir yang pas dengan keinginan dan anggaran. Jika souvenir yang dijual kurang memuaskan, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri sesuai keinginan. Selain lebih personal, souvenir ini juga hemat biaya. Berikut cara membuat souvenir yang mudah dengan menggunakan pigura kecil:

Alat dan bahan:
Frame/pigura kecil
Kancing berbagai ukuran
Glitter

Tali pandan

Potongan kain

Lem

Cara membuat:
Buttons Frame
1. Beri lem pada sisi frame, taburkan glitter pada sisi yang diinginkan.
2. Tunggu sekitar 5-10 menit hingga lem dan glitter benar-benar kering. Tempelkan kancing berbagai warna dan variasi tergantung selera. Semakin unik bentuk kancing, semakin baik.

Frame Lovely Peach
1. Mulai dengan menempelkan pita di bagian kanan frame atau tergantung selera.
2. Gunting 2 lembar kain dengan warna senada dan pita berbentuk segitiga, rekatkan 
dengan tali pandan seperti dalam gambar.
3. Bentuk hati dari tali pandan, rekatkan pada frame.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menghias pigura, seperti penggunaan lem harus sangat hati-hati agar tidak membekas dan tak tampak kotor. Jangan lupa untuk membersihkan glitter dengan jari tangan. Saat lem masih basah tiuplah perlahan, bila sudah kering bersihkan dengan brush.

Kreasi akan semakin menarik dan unik jika Anda dapat membuat hiasan yang berbeda di setiap framenya. Untuk pembuatan jumlah besar, lebih baik membuat kreasi yang simpel namun manis. Padukan warna yang tepat antara frame dan hiasan agar lebih praktis. Selamat berkreasi!


 

souvenir-coverAneka kreasi souvenir lainnya dapat Anda temukan dalam buku Panduan Membuat & Menghias Antaran Mahar & Souvenir Pernikahan karya Audrey Chandra. Semua ide souvenir dan antaran dijelaskan dengan langkah-langkah yang mudah. Jika Anda ingin menjadikan pembuatan souvenir sebagai ladang usaha, buku ini menyediakan strategi perhitungannya untuk Anda.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *