Jus Buah & Sayur; Kaya Serat & Sarat Manfaat

jus dan ramuan herbal

 

Gaya hidup back to nature sedang menjadi tren di masyarakat yang sadar pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Seperti dalam ungkapan bijak “You are what you eat,” atau kesehatan tercermin dari apa yang Anda makan. Jika pola makan buruk, beragam penyakit pun akan bermunculan, sedangkan pola makan yang baik akan menjadikan tubuh bugar dan sehat. Ada hubungan sejajar antara pola perilaku makan dan kesehatan.

Tuntutan zaman yang serba cepat, kesibukan bekerja menjadikan sebagian masyarakat kita lebih menyukai pola makan serba instan. Seringnya mengonsumsi makanan instan ini berdampak negatif terhadap kesehatan. Ini di sebabkan karena makanan instan kebanyakan mengandung pengawet, pewarna, pemberi rasa, tinggi lemak, tinggi protein, banyak gula, garam namun rendah serat. Pola makan ini menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes mellitus, jantung koroner, stroke, asam urat, kolesterol tinggi, obesitas, hingga kanker. Agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut, hendaklah kita menghindari pola makan tidak sehat. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran sebagai sumber vitamin, mineral esensial, serta nutrisi mikro yang penting bagi kesehatan tubuh. Buah dan sayuran juga mampu mendetoksifikasi tubuh dari beragam zat karsinogen penyebab kanker.

Buah dan sayur juga mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan ini mampu mengubah sel-sel tubuh menjadi pengaman untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Sejatinya, radikal bebas yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan sel-sel. Di sinilah antioksidan dalam buah dan sayuran mengambil peranan, seperti mencegah berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Masalahnya, sebagian besar makanan sumber antioksidan sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah, agar tetap efektif manfaatnya. Hanya sekitar 30% yang boleh dimasak, misalnya saja ubi atau kentang. Sedangkan sisanya berupa kacang-kavangan, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Namun, mayoritas masyarakat kita menganggap makanan mentah sebagai sumber penyakit, terutama berkaitan dengan kebersihan bahan pangan mentah. Selain itu, mereka juga belum terbiasa mengonsumsi makanan mentah. Padahal, kita tidak perlu takut mengonsumsi makanan mentah, asal kebersihannya tetap dijaga. Makanan mentah memiliki khasiat lebih karena nilai gizinya tidak rusak atau berkurang. Mengonsumsi makanan mentah dan segar dalam bentuk jus bisa menjadi solusi. Jus menjadikan buah dan sayuran lebih mudah dicerna dan meningkatkan citarasa sehingga lebih mudah diterima.

Pendekatan food based dengan cara terapi jus adalah cara terbaik untuk memperoleh berbagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Vitamin, mineral, fitonutrien dan enzim dalam jus, dibutuhkan untuk merawat organ-organ tubuh, jaringan yang melemah, memperbaiki sistem kekebalan, meingkatkan daya tahan, serta menjaga seluruh fungsi vital tubuh.

Di samping itu, jus juga merupakan metode cepat untuk memperoleh makanan yang mudah dicerna dan diasimilasi secara mudah dan cepat. Makanan tersebut akan masuk ke dalam sistem darah dan kelenjar tubuh, memberi makanan sel serta mempertahankan dan menjaga kesehatan hanya beberpa saat setelah jus diminum.

178 resep jusContoh konkretnya bisa dilihat pada jus buah dan jus sayuran. Jus buah memasok lebih banyak vitamin sementara jus sayuran cenderung memasok lebih banyak mineral. Meskipun secara umum masing-masing mengandung keduanya. Vitamin dan mineral, merupakan elemen penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan. Dengan pasokan kontinyu dari jus buah dan sayuran, dipastikan kesehatan dan kebugaran tubuh akan tetap terjaga. Apalagi di dalam jus sayuran dan buah terkandung banyak serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Sehingga secara umum, jus dapat membantu memperbaiki kualitas kesehatan kita. So, let’s go juicing…!

 

 

Jus Red Spinach Smoothie. Jus bayam merah ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

 

Video cara membuat jus pepaya aroma min. Jus pepaya aroma min bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *