Inilah 7 Cara Masak Sehat ala Eating Clean

makanan sehat eating clean

Cook your own healthy food”.

Makan sehat itu wajib. Sebelum memasukkan apa pun ke dalam mulut kita, bertanyalah kepada diri sendiri, “Apakah makanan ini menjadi manfaat untukku atau malah menjadi penyakit?” Nah, jika sudah paham apa saja makanan sehat, kita perlu tahu juga bagaimana teknik masak yang benar. Jangan sampai makanan sehat dimasak dengan cara yang salah. Berikut cara memasak yang disarankan dalam pola makan Eating Clean.

√  Kukus

yaitu memasak dengan menempatkan makanan dalam wadah berlubang di atas air mendidih. Sangat sederhana.

√  Panggang

yaitu memanggang daging, ayam, ikan, sayuran, buah, kentang, jagung dan berbagai bahan makanan lainnya dengan menggunakan panggangan (oven). Bisa menggunakan loyang panggang atau piring panggang (pyrex), bisa dipanggang dengan ditutup maupun dibuka. Memanggang biasanya menggunakan sedikit minyak atau kaldu alami protein yang keluar selama dipanggang.

√  Tumis

yaitu memasak makanan dengan menggunakan sedikit minyak dan sedikit bumbu. Cara memasak ini paling mudah dan paling cepat. Minyak bisa diganti dengan air, sedikit mentega (butter) atau kaldu.

√  Roasting

yaitu memasak makanan dengan cara dipanggang di dalam panggangan (oven) atau alat panggang terbuka (open fire grill). Hindari memanggang dengan arang dan hindari memanggang makanan hingga timbul bekas panggang hitam pada makanan yang dapat mengandung karsinogen yang dapat memicu kanker.

√  Poaching

yaitu memasak makanan dengan sedikit air atau kaldu yang sudah diberi bumbu dan dimasak dalam panci tertutup.

√  Menggoreng dengan cepat dan sedikit minyak

yaitu memasak makanan dengan menggunakan wajan dan sedikit minyak.

√  Stewed

yaitu memasak dengan api kecil selama beberapa jam.

makanan sehat

 

Hal penting yang perlu diperhatikan ketika memasak:

Pilih alat masak dari keramik, stainless, dan kaca. Kurangi penggunaan peralatan yang terbuat dari plastik.

Kurangi penggunaan microwave. Kukus makanan menggunakan panci kukusan. Panaskan makanan dengan wajan atau panci di atas kompor.

Hindari penggunaan api terlalu besar.

Jagalah kebersihan bahan makanan, alat masak, dapur dan diri kita sendiri serta orang yang membantu kita memasak di rumah. Selalu cuci tangan sebelum mengolah dan memasak makanan. Cuci semua bahan makanan dengan bersih sebelum diolah. Cuci bersih dan simpan semua peralatan masak di tempat yang bersih setiap kali selesai digunakan. Bersihkan kompor dan panggangan setelah digunakan. Bersihkan isi kulkas dan dapur secara menyeluruh dan berkala.

Temukan informasi penting seputar pola makan sehat dalam buku Panduan Mudah Eating Clean karya Inge Tumiwa Bachrens. Dilengkapi resep masakan yang bisa dipraktikkan sehari-hari. Tidak seribet yang dibayangkan, yuk dicoba!

 

makanan sehat eating clean[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Share this post