Galantine Daging Sapi; Alternatif Menu Saat Idul Adha

galantine sapi

Hari raya Idul Adha memang identik dengan daging. Pasca penyembelihan hewan kurban, tidak sedikit orang yang merayakannya dengan membuat berbagai macam masakan berbahan dasar daging. Satay, gulai, atau sop biasanya menjadi menu andalan.

galantine sapi

Hari raya Idul Adha memang identik dengan daging. Pasca penyembelihan hewan kurban, tidak sedikit orang yang merayakannya dengan membuat berbagai macam masakan berbahan dasar daging. Satay, gulai, atau sop biasanya menjadi menu andalan.

Namun, jika bosan dengan masakan daging yang itu-itu saja, mungkin Anda bisa membuat resep masakan daging lainnya, seperti Galantine Daging Sapi. Selain bisa disajikan saat itu juga, galantine daging sapi juga bisa Anda jadikan frozen food. Berikut adalah resepnya.

Bahan & bumbu
2 lembar roti tawar plus kulitnya (bisa menggunakan roti tawar putih atau whole wheat)
50 ml susu cair
200 gr daging sapi cincang
200 gr daging ayam cincang
½ buah bawang bombai, cincang halus
4 siung bawang putih, cincang halus
½ buah pala, parut halus
½ sdt merica hitam bubuk
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
1 butir telur
1 sdt gula palem atau gula pasir
½ sdt garam

Bahan & bumbu saus cokelat
1 sdm margarin
½ butir bawang bombai, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
½ sdt merica bubuk
3 butir cengkih
1 batang kayu manis, biarkan utuh
¼ buah pala, parut halus
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tomat
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
½ sdm gula jawa, sisir halus
300 ml air kaldu
1 sdt tepung maizena, encerkan dengan 3 sdm air
¼ sdt garam

Pelengkap
Buncis, wortel, dan brokoli rebus
1 sdm irisan daun bawang (sesuai selera)

Membuat galantine
Siapkan mangkuk, masukkan roti tawar dan susu cair. Diamkan sampai semua susu tererap dan roti menjadi lunak. Remas hingga roti menjadi hancur (bisa menggunakan chopper dan proses hingga halus). Sisihkan. Siapkan mangkuk, masukkan daging sapi cincang, roti tawar, dan semua bumbu galantine lainnya. Aduk dan uleni adonan hngga tercampur dengan baik. Cicipi rasanya dengan menggoreng sedikit adonan di minyak panas.

Bagi adonan menjadi 4 bagian yang sama beratnya. Siapkan selembar kertas baking atau daun pisang. Letakkan 1 bagian adonan di permukaan kertas, bentuk seperti lontong dengan diameter 4 cm dan panjang sekitar 10 cm. Gulung dan biarkan kedua sisi ujungnya terbuka. Lakukan hal yang sama pada bagian adonan lainnya. Siapkan dandang kukusan, kukus selama 30 menit atau hingga galantine menjadi matang. Keluarkan dari kukusan, biarkan hingga dingin sebelum dipotong.

Membuat saus
Siapkan pan atau wajan, panaskan margarin hingga meleleh. Tumis bawang bombai hingga transparan dan berubah warna menjadi karamel, tambahkan bawang putih cincang, tumis hingga bawang matang.

Masukkan semua bahan saus lainnya kecuali air kaldu dan tepung maizena, aduk dan tumis hingga harum. Tuang kaldu, masak dengan api kecil hingga mendidih. Kentalkan saus dengan menambahkan air larutan tepung maizena, masak hingga kental. Cicipi rasanya dan tambahkan garam atau gula untuk menyeimbangkan rasa. Angkat, taburi permukaannya dengan irisan daun bawang. Potong galantine setebal 1 ½ – 2 cm, tata di piring.

Sajikan dengan sayuran rebus (wortel, buncis, brokoli). Siram dengan saus cokelat.


90 masakan rumahan untuk sebulan90 Masakan Rumahan untuk Sebulan karya Endang Indriani—pemilik blog Just Try & Taste—90 resep rumahan yang terdiri dari 2 resep lauk dan 1 sayur untuk sehari selama sebulan. Miliki juga buku masakan rumahan karya Endang Indriani dengan judul Home Cooking dan Masakan Rumahan Tumis, Goreng, Kuah.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *