Cegah Penyakit di Musim Hujan dengan Ramuan Herbal

Kawanita tentu sadar, belakangan ini cuaca sangat tidak menentu. Angin kencang disertai hujan deras berkepanjangan membuat aktivitas kita sedikit tersendat. Matahari yang biasanya bersinar cerah pun, seolah enggan menampakkan cahayanya di pagi hari.

Dengan cuaca yang seperti ini, tidak sedikit dari kita yang terserang flu, demam, atau penyakit lain yang menyertainya. Meski demikian, kita bisa mencegahnya dengan menjaga pola makan dan pola hidup sehat.

Misalnya saja, tetap berolahraga meski dilakukan dalam ruangan/indoor. Sedangkan makanan, tetap mengonsumsi empat sehat lima sempurna. Selain itu, Kawanita juga bisa menambahkan jus buah segar atau ramuan herbal sebagai asupan tambahan bagi tubuh.

Bicara mengenai ramuan herbal, apa saja ya yang termasuk dalam kategori herbal?

Adas, akar alang-alang, bawang putih, bawang merah, bawang bombai, beluntas, binahong, brotowali, bunga kenop, bunga matahari, bunga mawar, jahe, kapulaga, katuk, keji beling, kayu manis, sirih merah, tapak dara, dan tapak liman adalah beberapa di antaranya.

Sebenarnya, ramuan herbal sudah bisa Kawanita dapatkan dengan mudah di toko-toko herbal. Namun, tidak ada salahnya jika Kawanita membuat sendiri ramuan herbal tersebut. Berikut adalah salah satu resep ramuan herbal yang bisa Kawanita coba: Wedang Jahe Merah.

 

Bahan:

4 buah kapulaga

50 gr jahe merah, iris halus

400 ml air

2 sdm madu

 

Cara membuat:

  1. Didihkan air. Masukkan irisan jahe dan kapulaga. Rebus selama 20 menit. Angkat, saring.
  2. Siapkan gelas saji. Tuang wedang jahe merah, tambahkan madu. Aduk rata. Sajikan hangat.

 

Untuk 2 porsi.

 

So, as simple as that, right?

——–

Resep di atas bisa Kawanita dapatkan dalam buku 378 Resep Jus & Ramuan Herbal yang ditulis oleh Budi Sutomo & dr. Dian Kurnia. Buku ini membahas secara lengkap resep jus buah, sayur dan ramuan herbal untuk menumpas berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu, buku ini dilengkapi juga dengan resep jus untuk bayi, balita, dan ibu menyusui. Dapatkan bukunya di toko buku atau unduh ebook-nya melalui PlayStore.

wedang-jahe-angkakwedang-jahe-merahwedang-jeruk-maduwedang-kencur-salam-kojawedang-asam-jawa

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *