Cara Membuat Selimut Rajutan untuk Valentine

rajutan-head

rajutan-headKata “Valentine” identik dengan bunga, cokelat, dan pemberian untuk orang terkasih. Momen ini biasa dimanfaatkan untuk memberikan kasih sayang yang lebih kepada orang spesial melalui benda yang bersifat sweet.

rajutan-head

Kata “Valentine” identik dengan bunga, cokelat, dan pemberian untuk orang terkasih. Momen ini biasa dimanfaatkan untuk memberikan kasih sayang yang lebih kepada orang spesial melalui benda yang bersifat sweet.

Banyak orang yang memberikan cokelat atau bunga pada hari Valentine. Namun kini sudah banyak ide-ide kreatif lainnya untuk menggantikan pemberian bunga dan cokelat. Salah satunya adalah benda handmade atau buatan sendiri. Benda buatan sendiri ini tentu mempunyai nilai yang lebih tinggi ketimbang membeli benda buatan pabrik. Mengapa begitu? Karena yang dilihat bukan hanya hasil akhirnya, tapi juga proses dan niat si pemberi untuk membuat suatu karya.

Anda terinspirasi untuk memberikan benda handmade kepada seseorang yang spesial? Nah, jika Anda menyukai seni jahit atau rajut, Anda bisa berikan sebuah karya rajutan di hari Valentine nanti. Akan lebih baik jika Anda memberikan sesuatu yang memiliki nilai guna. Contohnya seperti selimut rajut. Berguna untuk penghangat di tempat tidur, dan juga bisa menjadi pemanis di ruang tamu. Bagaimana cara membuatnya? Berikut langkah-langkahnya:

Bahan:
5 x 100 gr acrylic warna putih, biru, peach, merah, pink
Hook 4/0

Size:
130 cm x 70 cm

Pola:

rajutan-pola

Keterangan:
I = 24 layer (60 x 60 cm)
II= 8 layer (20 x 20 cm)

Buat square I.
 Buat square II dengan menyisakan satu sisi untuk disambungkan dengan square I. Buat square II dengan menyisakan dua sisi untuk disambungkan dengan square I. Kerjakan hingga square II 6. Perhatikan sisi untuk menyambung.

Edging dikerjakan mengelilingi motif square sebanyak 2 layer dengan motif 3 dc pada setiap celah selimut granny. Dua layer selanjutnya dengan tusuk hdc di setiap stitch-nya. Kerjakan hingga lebar yang diinginkan.

Selimut ini dapat diaplikasikan sendiri warna-warnanya sesuai yang Anda inginkan. Selimut ini juga universal, dapat Anda berikan untuk siapapun yang Anda sayangi. Selamat mencoba!


kreasi-rajutan-motif-sederhana-untuk-pemulaIngin belajar merajut dengan mudah? Buku Kreasi Rajut Motif Sederhana dari Octiani Laraswati dapat Anda jadikan panduan belajar. Terdapat bonus cara membuat arm knitting untuk variasi rajutan Anda.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *