5 Langkah Membuat Filet Ayam Goreng Panir Empuk & Renyah

ayam fillet

Anda ingin menyajikan filet ayam goreng tepung panir yang empuk bagian dalamnya, dan renyah luarnya untuk sajian pesta? Berikut tips membuatnya:

 

1| Bahan Ayam

Pakai filet ayam bagian dada. Lumuri air jeruk nipis hingga rata. Diamkan 15-20 menit agar semua sisa residu ayam keluar. Cuci bersih di bawah air mengalir. Tiriskan. Potong daging tipis melebar, dan pukul perlahan dengan alat pemukul daging/ulekan hingga pipih. Karena dagingnya tebal, dan empuk, sebaiknya ayam direndam bumbu perendam/dimarinade/dimarinating dulu sebelum dipanir, dan digoreng, agar rasanya makyoos…

 

2| Bumbu perendam

Siapkan bumbu perendam untuk marinade/marinating sesuai resep, atau menurut selera Anda. Lazimnya bumbu perendam diracik dari air jeruk nipis, bawang putih halus, merica bubuk, dan garam halus. Untuk cita rasa beda, coba tambahkan kemiri halus (goreng, haluskan), ketumbar halus, saus tiram, kecap ikan, minyak wijen, rajangan halus daun jeruk purut/daun kunyit, dan putih telur ke dalam bumbu perendam.

 

3| Direndam bumbu perendam

Aduk rata ayam dengan bumbu perendam. Tutup wadahnya. Simpan di lemari es 30-60 menit sambil sesekali dibalik agar bumbu meresap. Makin lama direndam, dagingnya makin lembut, empuk, kenyal, dan lezat.

 

4| Memanir

– Jika memakai bumbu perendam mengandung putih telur, ayam bisa langsung digulingkan ke tepung terigu. Tapi jika bumbu perendam tanpa putih telur, sebelum digulingkan ke tepung terigu, ayam harus dicelupkan ke telur kocok dulu, baru digulingkan ke tepung terigu sambil ditekan perlahan, agar ayam tersalut rata.

– Angkat ayam sambil digoyang-goyangkan, agar sisa tepung terigu yang tidak terpakai rontok ke bawah.

– Celupkan ayam ke dalam telur kocok sambil sesekali dibalik agar ayam basah seluruhnya oleh telur kocok.

– Angkat ayam sambil digoyang-goyangkan agar ayam tidak terlalu basah oleh telur. Jika terlalu basah, tepung roti akan tebal menutupi permukaan ayam. Rasanya jadi gak enak.

– Terakhir gulingkan ayam ke tepung roti sambil ditekan perlahan, agar tepung roti menempel kuat dan merata. Pakai tepung roti kasar berwarna putih/tepung pangko agar menarik penampilannya.

– Angkat ayam sambil digoyang-goyangkan, agar sisa tepung roti yang tidak terpakai rontok ke bawah. Di tahap ini, ayam bisa disimpan di lemari es, atau freezer, agar tepung roti melekat kuat, jadi tidak rontok saat digoreng. Hasilnya empuk, dan kenyal bagian dalamnya, tapi renyah luarnya.

  

5| Menggoreng

koleksi resep sambal dan sausKeluarkan ayam dari lemari es/freezer. Goreng dalam minyak banyak di atas nyala api sedang, sambil sesekali dibalik, hingga matang sempurna. Angkat. Tiriskan. Sajikan segera dengan saus/sambal kesukaan Anda (Baca buku masak Koleksi Resep Sambal & Saus).

 

 

 

 

TIPS

Karena bumbu perendam mengandung zat asam (air jeruk nipis/jeruk lemon), agar tidak bereaksi saat perendaman, pakai wadah dari kaca. Jangan pakai wadah dari keramik, karena bumbu perendam dapat merembes ke dalam pori-porinya.

Resep terkait:

Crispy Chicken Katsu, & Korokke – Buku Masak Homemade Cooking

Nugget Ayam dengan Wortel – Buku Masak Home Cooking

Ayam Panir Mayo – Buku Masak Sajian Super Sedap

Fish Strip, Chiken Bites, Spicy Chicken Nugget, Chicken Katsu, Crispy Karaage Original & Shrimp Nugget – Buku Masak Menu Populer ala Resto Cepat Saji

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *